2 Tempat Wisata Jakarta yang Bisa Dikunjungi dalam Satu Hari!

Jalan-jalan ke Jakarta? Serius? Emang ada apa? Banyak! Sebagai ibukotanya Indonesia, Jakarta bukan hanya berisi gedung-gedung pencakar langit dan segala jenis perkantoran, lho! Nyatanya, ada banyak tempat wisata keren yang bisa dikunjungin bareng keluarga, teman, atau bahkan pasangan.

Asal kamu tahu, tempat-tempat wisata di Jakarta beda dari yang lain dan tidak akan kamu temukan di daerah lain di Indonesia. Kenapa? Karena memang tempat wisata-wisata di Jakarta berikut ini menunjukan ciri khasnya dan dijadikan ikon kota Jakarta itu sendiri. Jadi, di mana aja sih tempat wisata Jakarta yang ikonik dan bisa dikelilingi dalam 1 hari? Let’s check it out!

  1. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau Monas adalah ikonnya ibukota Indonesia. Sejarahnya, Monas sengaja dibuat sebagai perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia setelah lama dijajah dengan membuat tugu ikonik. Monas jadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi lho, oleh para turis lokal macem kita sampai turis mancanegara.

Waktu yang paling pas banget buat ngunjungin Monas itu sore sampe malam karena di siang hari, Jakarta panas, cuy!

Berkunjung di sore hari, kamu bisa duduk santai di atas rumput yang ada di sekitar komplek Monas sambil nikmatin angin sepoi-sepoi. Selain itu, kamu juga bisa berselfie ria dengan monas jadi backgroundnya.

monas - ibukota jakarta

Oya, kamu juga bisa menikmati kota Jakarta dari ketinggian lho! Kamu cuma tinggal beli tiket masuk dan naik ke puncak Monas menggunakan lift yang tersedia. Sesampainya di atas, kamu bakal takjub ngeliat keindahan kota yang tidak pernah tidur ini.

Di malam hari Monas makin indah. Tugu monumen dihiasi cahaya lampu warna-warni yang berubah warna bergantian. Sekali lagi, cekrek! Selfie dengan Monas yang jadi backgroundnya.

Untuk rute ke Monas, jika kamu dari luar kota dan datang dari arah bandara Soekarno-Hatta, kamu bisa naik bus bandara dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam lebih dan turun di stasiun Gambir. Jika kamu dari dalam kota atau daerah sekitar Jakarta, kamu bisa naik KRL jurusan Gambir atau Juanda. Dari stasiun Gambir, kamu tinggal jalan kaki aja.

Jika kamu butuh penginapan di sekitar Monas, jangan khawatir! Banyak kok hotel-hotel yang bertebaran di sekitar Monas dengan harga yang bervariasi. Mulai dari kelas hotel, wisma hingga transit hotel yang ada di stasiun Gambir.

 

  1. Kota Tua

Satu lagi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan kalo niat keliling kota Jakarta, yaitu Kota Tua. Sebagai salah satu bangunan warisan zaman penjajahan, Kota Tua menjadi tempat wisata klasik yang banyak dikunjungi dan ikonik karena bentuk bangunannya.

Jalan-jalan ke Kota Tua, selain memuaskan hasrat jalan-jalan dan kenarsisan, kamu juga bisa nambah wawasan lho! Apalagi kalo bukan tentang sejarahnya. Di kawasan Kota Tua, kamu bisa mengunjungi Taman dan Museum Fatahillah, Museum sejarah kota tua, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Bank Indonesia.

Akses Kota Tua cukup mudah, kamu bisa naik KRL ke stasiun terakhir yaitu stasiun kota. Jika kamu dari arah Bandara Soekarno-Hatta, kamu bisa naik Damri jurusan Mangga Dua Square, dari Mangga Dua Square kamu tinggal milih mau naik angkot, bajaj, atau  Transjakarta. Jika kamu ngga mau ribet, kamu bisa naik taksi bandara dengan perkiraan lama perjalanan sekitar kurang lebih satu jam.

kota tua - jakarta

Jika kamu butuh tempat nginep, tenang aja! Di kawasan Kota Tua banyak penginapan yang tersedia yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan budgetmu, seperti Rumah Sinta Jakarta, Teduh Hostel, atau Fofic Suite Hotel.

Bagaimana? Sudah siap menjelajah Jakarta hanya dalam satu hari?