Satu Hari Tak Cukup untuk Menikmati Kota Apel

Suasana kota Batu, Malang akan selalu mempesona bagi orang-orang yang baru berkunjung. Keindahan alamnya dan udara yang sejuk membuat siapa saja yang datang betah berlama-lama di sini. Termasuk saya yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini.

Kota Batu menawarkan cukup banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Karena tema liburan saya kali ini adalah relaksasi, maka tempat-tempat yang menjadi tujuan saya adalah wisata alam. Perlu diketahui, kota Batu memiliki panorama alam yang indah dengan desain bentang alam yang harmonis. Pegunungan yang hijau, perbukitan yang elok, dan perkebunan bermacam-macam buah, menjadikan objek-objek wisata di sekitarnya mengusung keasrian alam yang mampu membius pengunjung dan menjadikan Batu sebagai tempat yang paling tepat untuk liburan.

stasiun malang - foto dari depan
Naik Kereta dari jakarta, tiba di stasiun Malang

Dari Jakarta, saya menggunakan moda transportasi kereta menuju stasiun Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 14 jam. Sesampainya di stasiun Malang, saya menaiki angkot jurusan AL (Arjosari-Landungsari) atau angkot jurusan ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) yang lewat di sekitar stasiun. Ini juga salah satu keunikan kota Malang, di mana angkot menggunakan singkatan bukan nomer untuk trayek mereka.

Dikenal dengan sebutan kota Apel, Batu memang daerah penghasil buah apel terbesar di Indonesia. Maka, sebelum mengunjungi Batu, saya mencari rekomendasi perkebunan apel yang menawarkan wisata petik buah apel. Berbekal informasi dari Google, saya memutuskan mengunjungi perkebunan milik Kelompok Tani Makmur Abadi.

wisata petik apel - ktmaKelompok Tani Makmur Abadi beralamat Jl. Pangeran Diponegoro No.24,, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu. Kebun ini merupakan perkebunan apel yang menawarkan wisata petik apel sepuasnya. Namun, bila ingin membawa pulang, pengunjung harus membayar sesuai banyaknya apel yang dipetik.

Puas memetik apel, saya melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang modern yang terkenal di Jawa Timur. Mengunjungi Batu Secret Zoo, saya dibuat takjub dengan arsitekturnya yang artistik dan patung-patung binatang yang ukurannya sangat besar yang mirip dengan aslinya. Hal ini menambah kekaguman saya dengan kebun binatang ini yang juga bagian dari Jatim Park 2.

Batu Secret Zoo memiliki koleksi berbagai macam satwa yang mayoritas berasal dari benua Asia dan Afrika. Pembagian kawasan binatang di Batu Secret Zoo disesuaikan dengan habitat asli hewan tersebut. Misalnya, kawasan pertama diberi nama Savannah, yaitu kawasan yang dihuni hewan asal Afrika.

koleksi satwa di batu secret zoo
koleksi satwa di batu secret zoo

Kebun binatang ini sangatlah luas yang mencapai 14 hektar. Sehingga jika saya kelilingi semuanya, akan terasa sangat melelahkan. Namun, walaupun sangat luas, Batu Secret Zoo terawat dan tertata dengan baik yang makin menambah kekaguman saya.

Menjelang malam, setelah puas berkeliling di Batu Secret Zoo, saya memilih mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS). BNS sendiri merupakan sejenis pasar malam yang dengan banyak wahana-wahana seru dengan teknologi tinggi.  BNS ini terletak di Jalan Hayam Wuruk nomor 1,  Oro-Oro Ombo. Mengunjungi BNS, saya dimanjakan dengan gemerlap cahaya lampu warna-warni dari wahana dan bangunan disana.

BNS Batu Night Spectacular
BNS Batu Night Spectacular

Selain menaiki wahana kicir-kicir, memasuki rumah hantu dan sepeda udara, saya juga memuaskan hasrat narsis saya dengan berselfie ria di Lampion Garden. Lampion Garden menawarkan spot-spot keren seperti replika menara Eiffel, angsa-angsa di atas air, snow white dan tujuh kurcacinya, dan kereta kerajaan yang semuanya menyala dengan hiasan lampu warna-warni.  Mengagumkan!

lampion dan angsa di batu night spectacular
lampion dan angsa di batu night spectacular

Puas bermain di BNS, saya memilih beristirahat sambil menikmati kuliner malam di Food Court yang tersedia. Lupakan diet bila kamu mengunjungi BNS. Karena saya mencicipi beraneka macam jajanan dan makanan yang lezat yang menggoda selera. Pukul sembilan malam, saya tak mau melewatkan atraksi cantiknya air mancur menari, laser show yang keren, dan menonton movie di layar sepanjang 50 meter.

Lelah seharian penuh berkeliling tempat wisata di Kota apel, pukul 22.00 saya memilih kembali ke homestay yang nyaman untuk beristirahat. Pastinya homestay ini sudah saya pesan jauh-jauh hari dengan menggunakan aplikasi online. Satu hari sangat belum cukup untuk menikmati kota Malang. Saatnya tidur dan persiapkan kembali energi untuk esok lagi !